Senin, 10 Juni 2013

Herlina " Pending Emas "



      Herlina adalah satu-satunya sukarelawati yang ikut serta dalam perjuangan pembebasan Irian Barat ( 1962-1963 ).Sebagai seorang sukarelawati, ia tidak hanya aktif pada masa Trikora tetapi juga aktif pada masa Dwikora ( Konfrontasi dengan Malaysia ).Bersama Ali Murtopo, Herlina ikut dalam misi perdamaian RI untuk membicarakan tentang penghentian konfrontasi dengan Malaysia. Sewaktu kaum komunis memberontak Herlinaikut aktif juga dalam penumpasan PKI dan menuntut perubahan dalam tata politik di Indonesia pada masa itu.
      Akibat kesehatannya yang sering terganggu, Herlina mengundurkan diri dari semua kegiatan politik dan ia hidup berwiraswata. Perhatiannya kemudian tercurah dalam bidang sosial. Herlina mengasuh anak yatim piatu,penderita cacat mental,disamping itu menggiatkan olahraga sepakbola. Juga duduk sebagai anggota pengurus Organisasi Veteran (1980-1983).
      Untuk jasa-jasanya Herlina mendapat penghargaan pending emas dari presiden Soekarno. setelah itu ,pending emas tersebut dikembalikan dengan harapan dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan rakyat Namun sampai saat ini tak seorang pun mengetahui dimana barang tersebut berada.

sumber: dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar