Selasa, 23 April 2013

Selamat Hari Buku Sedunia





Selamat hari buku sedunia! Hari ini 23 April adalah hari simbolik untuk menghargai buku. Buku merupakan hasil pemikiran manusia yang dituangkan dalam bentuk tulisan.  Banyak sekali fungsi dari buku diantaranya sebagai gudang keilmuan,informasi dari sebuah peristiwa dan bahkan sebuah peradaban dikatakan memasuki masa sejarah ketika ada sebuah bukti tulisan.
Hari Buku sedunia sendiri dicetuskan oleh UNESCO pada sebuah konferensi umum di Paris pada tahun 1995. Konon pada awalnya adalah bagian dari perayaan Hari Saint George di wilayah Katalonia. Sejak abad pertengahan para pria memberikan mawar kepada kekasihnya. Namun sejak tahun 1923 para pedagang buku mempengaruhi tradisi ini untuk menghormati Miguel de Cervantes, seorang pengarang yang meninggal dunia pada tanggal 23 April sehingga sejak 1925 para perempuan memberikan sebuah buku sebagai pengganti mawar yang diterimanya. Pada masa itu lebih dari 400.000 buku terjual dan ditukarkan dengan empat juta mawar.
Banyak sekali gelaran yang diadakan dalam rangka memperingati hari buku baik di dalam maupun di luar negeri. Di Indonesia misalnya Museum Konferensi Asia Afrika Bandung mengadakan Pameran Buku Langka KAA 2013. Berletak di perpustakaan museum KAA pada tanggal 23-24 April 2013. Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap buku.
Sekali lagi selamat hari buku!! Apresiasi dan tingkatkan minat membaca buku. Doctus Com Libro, orang pintar karena membaca buku.


Sumber : dari berbagai sumber


Tidak ada komentar:

Posting Komentar