Kamis, 02 Mei 2013

Hari Pendidikan Nasional


       Setiap 2 Mei kita memperingati hari pendidikan nasional. Tanggal ini merupakan hari lahir dari Bapak Pendidikan Nasional, Raden Mas Soewardi Suryaningrat atau lebih dikenal Ki Hadjar Dewantara. Ajarannya yang terkenal adalah tut wuri handayani, ing madya mangun karsa, ing ngarsa sungtulada ( di belakang memberikan dorongan, di tengah memberikan peluang untuk berprakarsa, di depan memberikan teladan ). Bangsa ini harus mewarisi pemikiran beliau tentang tujuan pendidikan dimana harus memajukan bangsa secara keseluruhan tanpa membeda - bedakan agama,etnis,status sosial,status ekonomi dan sebagainya,serta harus didasarkan pada kemerdekaan yang asasi.
       Dewasa ini dengan perkembangan zaman dan berbagai tantangannya menuntut kualitas manusia yang lebih baik. Pendidikan adalah faktor utama dalam pembangunan kualitas manusia tersebut. Namun apakah negeri ini telah mempunyai sistem pendidikan yang baik? Perbedaan kualitas pendidikan antar daerah, kurikulum yang menimbulkan banyak kontroversi, tenaga pendidik yang kurang baik kualitas maupun kuantitasnya, anggaran yang tidak tepat sasaran sampai dengan kisruh UN.
       Para pelajar,guru,satuan pendidikan,pemerintah dan kita semua harus melanjutkan tongkat estafet yang telah diberikan Ki Hadjar Dewantara. Pembangunan kualitas manusia yang baik tentu akan berbanding lurus terhadap kemajuan dan kesejahteraan bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar